Pemprov Jabar dan Australia Selatan Lakukan Kerja Sama Literasi

Pemprov Jabar dan Australia Selatan Lakukan Kerja Sama Literasi

Pemprov Jabar dan Australia Selatan Lakukan Kerja Sama Literasi

 

Pemprov Jabar dan Australia Selatan Lakukan Kerja Sama Literasi

Pemerintahan Provinsi Jawa Barat

melakukan kerja sama dengan Pemerintahan Australia Selatan dalam bidang pendidikan. Literasi menjadi salah satu yang termasuk dalam kerangka kerja sama yang dilaksanakan hingga 2020 mendatang.

Widyaiswara Dinas Pendidikan Jawa Barat

Eep Saeful RF mengatakan pengembangan literasi tersebut direalisasikan dengan mengadakan Workshop Pengembangan Minat Baca, bagi Siswa SMA di Jawa Barat Tahun 2018. Diikuti oleh 150 siswa untuk angkatan pertama, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 13-16 November 2018, di Grand Hotel Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

“Dan output dari kegiatan workshop ini salah satunya diwujudkan dalam bentuk penulisan buku. Buku ini yang nantinya dibagikan di Negara Australia dengan ditulis dalam dua bahasa,” ujar Eep.

Eep menjelaskan buku yang nantinya diberi judul “Sampurasun,”

berisi hal-hal menarik tentang Jawa Barat. Karya tersebut merupakan kumpulan tulisan siswa, yang ditulis sebanyak 250 kata. Setelah itu, buku akan diterbitkan dan diserahkan kepada Pemerintahan Australia.

Selain itu, Eep mengatakan workshop yang diselenggarakan bertujuan untuk tiga hal, pertama untuk menumbuhkembangkan minat membaca dan menulis pada siswa SMA. Dengan hal tersebut, siswa akan lebih termotivasi dan dan lebih berminat dalam aktifitas membaca dan menulis. Kedua, untuk meningkatkan kemampuan dan membekali siswa dengan kemampuan dalam hal mengembangkan strategi membaca.

“Di abad 21 ini

keterampilan membaca memang menduduki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, membaca itu harus dipelajari. Bagaimana membaca yang benar, bagaimana membaca sampai menghasilkan pengetahuan, dan akhirnya menjadi orang yang literat dengan membaca,” ujar Eep.

Eep mengatakan, tujuan yang ketiga adalah dengan workshop tersebut ia menginginkan anak-anak memperoleh wawasan dan pengalaman dalam menulis. Anak-anak akan membuat tulisan dan produk tulisan tersebut akan diterbitkan dalam sebuah buku.

Eep mengharapkan anak-anak menjadi generasi yang mencinta membaca dan menulis. Selama ini, masyarakat Indonesia dianggap sebagai masyarakat dengan minat baca yang sangat rendah. Dengan kegiatan kali ini, diharapkan dapat menjadi sebuah terobosan dalam meningkatkan minat membaca dan menulis.

“Semoga mereka dapat menjadi generasi dengan minat baca yang tinggi dan juga kemampuan menulisnya yang tinggi,” ujar Eep.

 

Artikel Terkait: