Tips Mengajar Anak Autis Untuk Tenaga Pengajar Anak Autis

Mengajar anak autis? Memang banyak para pengajar yang mengeluh ketika harus mengajar anak autis. Bahkan ada juga yang sampai frustasi dan tidak mau kembali mengajar. Fenomena yang seperti ini harusnya dihindari bagi tenaga pengajar karena semangat untuk mengubah Indonesia yang harusnya di kedepankan.

Tips Mengajar Anak Autis Untuk Tenaga Pengajar Anak Autis
Tips Mengajar Anak Autis Untuk Tenaga Pengajar Anak Autis

Harusnya rasa ikhlas dan rasa berjuang untuk semakin menjunjung kemerdekaan bagi anak autis di maksimalkan agar nantinya Indonesia menjadi sebuah negara yang memang dunia pendidikannya merata termasuk untuk anak autis karena sadar atau tidak mereka yang autis juga perlu pendidikan demi masa depannya yang lebih baik. Lalu seperti apa tips mengajar anak autis yang perlu diterapkan dan dipahami tenaga pengajar anak autis? Yuk kita sama – sama membahas tentang hal ini J

Tips Mengajar Anak Autis 

Jangan lakukan modifikasi jadwal

Anda harus tahu dan paham bahwa anak – anak autis tak suka variasi karena mereka lebih suka atas suatu kebiasaan yang berlaku berulang – ulang dalam hidupnya. Karena itu ada baiknya untuk Anda jangan pernah melakukan modifikasi jadwal yang malah hal ini dapat membuat anak autis mengalami kebingungan untuk beradaptasi dengan jadwal yang berubah.

Pilih gaya belajar yang tepat

Anda tentu harus tahu dan paham bahwa setiap anak punya gaya belajar tertentu. Bahkan beberapa anak juga mungkin akan jauh lebih cepat dalam menyerap informasi dengan cara mendengar, sementara anak yang lain cenderung berfokus pada gaya belajar visualnya.

Gunakan bahasa yang sederhana ketika mengajar

Menggunakan kata – kata sederhana dan juga kalimat pendek ketika melakukan komunikasi dengan anak – anak autis memang sangat dianjurkan. Kalimat yang panjang serta kompleks tak dianjurkan karena malah dapat membuat anak jadi bingung.

Gunakan objek belajar yang menarik

Biasanya anak – anak autis memang cenderung memiliki mainan yang menjadi favoritnya untuk menemani aktivitas hariannya. Anda bisa mencoba menggunakan mainan favorit tersebut sebagai salah satu teknik untuk mengajar mereka. Jika memang anak punya mainan favorit berupa mobil Anda dapat bercerita tentang kisah yang melibatkan mobil atau juga bisa menggunakan mainan dengan warna cerah untuk merangsang rasa ingin tahunya.

Tangani masalah menulis anak autis

Sebagian besar anak autis memang akan menghadapi masalah dengan keterampilan motorik mereka. Nantinya anak autis juga tidak akan mengendalikan tangan sehingga mereka akan kesulitan untuk dapat menulis secara rapi. Hal ini nantinya juga akan membuat anak autis merasa putus asa dengan kondisi mereka. Karena itu agar bisa mengatasi hal ini ada baiknya untuk meminta anak mengetik di komputer atau pada laptop.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda. Dan semoga informasi diatas tentang Tips Mengajar Anak Autis menjadi informasi yang bermanfaat.  sumber : www.dosenpendidikan.com